Rabu, 28 April 2010

POWER POP


Ada beberapa band yang dianggap sebagai pencetus genre ini,diantaranya adalah The Beach Boys, The Beatles, Big Star, Badfinger, dll.band-band tersebut adalah band-band yang cukup populer pada masanya, dan memberikan banyak influence kepada band-band penerusnya. Ada beberapa ciri yang identik pada musik-musik mereka yaitu harmonisasi vokal yang tajam dan padat, dan riff gitar yang jangly dan powerful tentunya.pada umumnya band-band seperti ini mempunyai lagu-lagu yang sangat melodius dan sangat mudah dipahami dan dimengerti,inilah yang menjadi keunggulan genre ini.
Seiring berjalannya waktu, banyak sekali band-band yang mencoba untuk maju dengan genre seperti ini, seperti pada tahun 70-80an, di amerika misalnya, ada The Knack, The Rubinoos, The Raspberries, Cheap Trick, dan lain-lain. sedangkan di inggris, disebut juga band-band seperti The Buzzcocks, dan The Jam (yang disebut-sebut sebagai powerpop revivalist). Pada awal tahun 90an, genre ini pun mulai mengalami transformasi, terlebih terdengar pada sound-sound gitar yang mulai terdengar sedikit lebih fuzzy dan penggunaan power chord yang makin sering terdengar.
Seperti yang dilakukan Teenage Fanclub (my favorite), band asal skotlandia yang terinfluence oleh musik-musik big star dan the beatles ini menyatukan nuansa powerpop era 60an dengan sentuhan yang lebih gahar dan powerful, namun tetap melodius dan harmonis.selain teenage fanclub, ada juga band-band powerpop 90an lainnya seperti Fountains Of Wayne, Idle Wilds, Cherry Twister, Wondermints, Nada Surf, Superdrag, Redd Kross, The Grays, Chris Richards, Sugarbomb, dan masih banyak lagi.Genre ini terus berkembang hingga saat ini,dan masih akan terus berkembang

Posting Komentar